HOME · TIPS · REVIEW · O'MARKETING · WEB · GAMES

Cara Mudah dan Murah Mempromosikan Bisnis di Instagram

Berikut ini pembahasan mengenai cara mudah dan murah promosi bisnis Anda di Instagram. Perlu Anda ketahui bahwa Instagram memiliki potensi yang besar dalam meraup keuntungan. Mengapa harus Instagram? Karena Instagram sekarang bukan hanya Social Media untuk berbagi gambar dan video saja, melainkan juga sebagai tempat yang cocok mempromosikan bisnis Anda.

Cara Mudah dan Murah Mempromosikan Bisnis di Instagram

Kali ini ada dua poin penting yang akan dibagikan seperti sudah disebutkan, yaitu Mudah dan Murah. Walaupun kadang ada juga yang sebut sebagai teknik GRATIS. Tapi balik lagi semua usaha untuk mempromosikan suatu produk dan jasa pasti akan membutuhkan modal. Teknik yang dibagikan termasuk Mudah, karena teknik ini sebenarnya bisa Anda lakukan sendiri asalkan Anda memang melakukannya dengan benar dan berkala. Murah artinya Anda hanya memerlukan biaya yang relatif kecil untuk mempromosikan bisnis Anda di Instagram.

Berikut adalah beberapa teknik yang patut Anda lakukan untuk mempromosikan produk atau jasa yang Anda miliki sekarang ini.


Isi Identitas Profile Dengan Lengkap

Identitas profil penting diisi dengan lengkap, karena akan membuat calon pelanggan Anda menjadi lebih mudah berinteraksi dengan Anda. Informasi seperti Nama, Website, dan Bio. Untuk Bio Anda dapat mengisi keterangan bisnis Anda seperti jam buka, produk yang dijual, no telepon, email, atau informasi penting lainnya yang memang dibutuhkan oleh calon pelanggan Anda.

Selalu Update Gambar Terbaru

Dengan meng-update gambar terbaru secara berkala, maka akan meningkatkan follower secara tidak langsung. Upayakan untuk meng-upload produk atau jasa dengan jeda waktu yang tepat. Umumnya dimulai dari seminggu 3x, kemudian lanjut ke sehari sekali dan sampai sehari 2-3x upload.

Gambar Tidak Duplikat

Mengapa gambar harus tidak duplikat atau kembar dengan gambar yang telah di upload sebelumnya? Hal ini akan membuat tingkat kebosanan atau mungkin bisa dikatakan sebagai spam. Bila terlalu banyak foto duplikat di ulang berkali-kali dan muncul saat calon pelanggan Anda memasuki profile Instagram, maka akan membuat calon pelanggan menjadi ragu untuk mem-follow Instagram Anda.

Upload Kualitas Foto Terbaik

Jangan pernah meng-upload gambar dengan kualitas yang buruk seperti buram, gambar produk kurang sepenuhnya dapat dilihat calon pembeli, atau gambar yang di upload merupakan foto asal-asalan dengan ukuran tidak simetris. Dengan memperhatikan kualitas foto saat di upload, maka akan meningkatkan rasa percaya calon pelanggan Anda terhadap barang dan jasa yang dipromosikan. Jangan pula mengambil foto produk sejenis milik orang lain untuk di upload ke Instagram Anda, karena bisa saja terjadi persaingan bisnis yang tidak sehat.


Upload Foto Grid Instagram Promosi Bisnis

Hindari Meng-upload Foto Grid

Sekarang memang lagi kekinian mengenai upload foto Grid di Instagram. Anda dapat menemui berbagai profile berlomba membuat halaman profil menjadi keren dengan foto Grids. Tapi dibalik mengupload foto Grid (Instagrid Grids), pastinya membuat banyak spam terjadi di halaman Home Followers Anda. Bisa jadi bukannya Follower meningkat, tapi malah menurun drastis.

Berikan Keterangan Foto

Keterangan foto di Instagram adalah salah satu poin penting dalam menjabarkan produk dan jasa Anda. Dengan memberikan keterangan lengkap mengenai gambaran keterangan dari foto yang ada, akan membuat calon pembeli memahami informasi standar yang memang ia perlukan sebelum akhirnya menghubungi kontak Anda untuk membeli atau memakai jasa yang Anda berikan.

Berikan HASTAG Yang Sesuai

Hastag penting diberikan saat ingin meng-upload foto, karena dengan menambah Hastag akan memperluas jangkauan pemasaran produk dan jasa Anda. Hastag yang diberikan pun haruslah sesuai dengan produk dan jasa Anda. Hal ini akan meningkatkan kemudahan calon pembeli untuk mencari suatu produk dan jasa pada kolom Search di Instagram. Hindari memberikan Hastag secara berlebihan, sebaiknya Anda memberikan 7 sampai 10 Hastag penting untuk setiap foto yang di upload.

Berinteraksi Tanpa Spamming

Berinteraksi adalah hal lumrah harus dilakukan secara sengaja. Mengapa harus berinteraksi? Dengan melakukan interaksi seperti mengomentari dan like foto artis, tokoh penting, brand terkenal atau hal yang sedang trend dapat memperluas jangkauan pemasaran bisnis dan meningkatkan Followers Anda. Tapi ingat jangan pernah promosikan bisnis Anda saat melakukan interaksi, karena hal ini adalah tindakan spamming. Spamming haruslah dihindari, karena bisnis Anda sangatlah penting. Jangan sampai karena keteledoran Anda melakukan Spamming membuat akun IG menjadi kena Banned.

Update Info Terpopuler Yang Terkait

Selain meng-upload foto produk dan jasa, Anda juga dapat meng-upload foto terkait dengan bisnis yang sedang populer di masyarakat. Hal ini membuat profile bisnis Anda pasti akan kebanjiran follower dan like. Hal ini juga membuat halaman profile bisnis Anda menjadi tidak membosankan.

Mengikuti IG Publik Figur

Dengan mengikuti profile yang telah di verifikasi atau publik figur seperti agnezmo, raisa6690, gisel_la, dan prillylatuconsina96, maka secara tidak langsung Anda akan mendapatkan Follower dan dapat pula berinteraksi positif kepada publik figur tersebut. Bila target pasar bisnis Anda lokal, maka follow lah IG publik figur lokal.
Sebuah kiriman dibagikan oleh @raisa6690 pada

Berikan jangka waktu bertahap dalam mengikuti profile publik figur, mulai dari 10 profil per 2 jam dan seterusnya. Bila sudah terlalu banyak jangan lupa di Un-Follow lagi dan lakukan secara bertahap secara berkala.

Mendaftar Instagram Business Tools

Pengaturan ini akan muncul jika Instagram menganggap profil Anda adalah profil bisnis. Untuk akun baru biasanya tidak langsung tampil. Namun untuk akun yang telah berumur 2 bulan lebih umumnya akan tampil ikon Store di halaman profile atau pemberitahuan untuk mengubah profil IG Anda menjadi profil bisnis. Bisa juga dengan masuk ke Options > Tab Account > Switch to Business Profile.

Instagram For Business SEO Gereggi

Dengan beralih ke Instagram Business Tools, maka kesempatan mempromosikan bisnis di Instagram menjadi lebih besar. Hal ini karena setelah mendaftar, maka akan ada area informasi tambahan yang dapat ditampilkan, seperti kolom khusus untuk nomor telepon (fitur Call), Email, lokasi (Directions), dan Anda pun dapat melihat statistik gambar yang di upload di fitur Insights. Dengan Instagram Business Tools Anda juga dapat memasang iklan berbayar (Promotions) untuk mengembangkan jangkauan pemasaran produk dan jasa.

Memantau Lawan Bisnis

Namanya bisnis pasti ada namanya persaingan, tapi dengan memantau lawan bisnis Anda sebenarnya itu hal yang lumrah asalkan masih dalam kategori positif. Anda dapat menganalisa tipikal dari pengikut lawan bisnis dari Gender, komentar, barang dan jasa yang dibutuhkan mereka, dan kelemahan lawan bisnis seperti tidak memiliki produk yang dibutuhkan followersnya, atau mengenai jasa pengiriman yang tidak dimiliki lawan bisnis. Anda juga dapat melihat cara mereka posting gambar, dari kualitas gambar, cara mengambil gambar, cara memberikan keterangan dan hastag, dan lainnya. Walaupun analisa tersebut memiliki cakupan yang luas, tapi Anda dapat melakukannya satu-satu.

Bagaimana? Sebenarnya cara mempromosikan bisnis di Instagram mudah dan murah bukan? Sekian tips mempromosikan bisnis di Instagram, semoga dapat bermanfaat bagi Anda. Cek juga arti kata instagramable. Bila Anda mengalami kesusahan dalam mendata alamat klien dengan lengkap dapat mengunjungi database Kode Pos agar alamat klien menjadi lebih pasti sehingga penghitungan ekspedisi menjadi lebih tepat.

Artikel lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Cara Mudah dan Murah Mempromosikan Bisnis di Instagram"

Post a Comment