HOME · TIPS · REVIEW · O'MARKETING · WEB · GAMES

Manfaat Tersembunyi Dari Mengkonsumsi Asinan

Kali ini SEO Gereggi akan membahas mengenai Manfaat Tersembunyi dari Makanan Tradisional Indonesia, yaitu Asinan. Macam-macam asinan hadir di Indonesia seperti Asinan Betawi, Asinan Banten, dan yang paling terkenal adalah Asinan Bogor. Makanan yang paling digemari masyarakat Indonesia ini memiliki cita rasa seperti asam, manis dan pedas. Rasa tersebut timbul dari campuran buah-buahan, cuka dan cabai. Tapi tahukah anda bahwa dengan mengkonsumsi asinan dapat memberikan berbagai manfaat bagi tubuh kita? Berikut ini rangkuman manfaat yang dapat anda peroleh dari mengkonsumsi asinan.

Manfaat Asinan Bogor - MakinTahu.com
source wikipedia.org

Manfaat Asinan

Asinan yang terdiri dari sayur-sayuran dan buah-buahan mentah mampu menangkal penyakit seperti kanker dan hipertensi. Asinan juga mampu membuat anda menjadi lebih awet mudah serta bebas dari penyakit osteoporosis. Asinan memang merupakan hidangan sehat yang kaya akan antimikroba serta antioksidan yang kuat. Antimikroba sendiri berasal dari cuka dan cabai yang dicampur didalam asinan. Dan untuk antioksidan berasal dari likopen yang terdapat pada buah dan sayuran yang berwarna merah.

Dengan adanya antioksidan yang tinggi membuat tubuh kita mampu untuk melawan radikal bebas akibat dari polusi dan paparan radiasi dari sinar UV. Adapun zat likopen mampu membuat anda tercegah dari penyakit kanker, osteoporosis dan juga mampu menurunkan kolestrol dalam darah. Para pakar kecantikan juga sering memberikan anjuran untuk mengkonsumsi likopen, karena zat tersebut mampu membuat anda menjadi lebih awet muda.

Bengkuang yang ada di asinan mengandung zat fitoestrogen yang diperlukan oleh kaum perempuan untuk mempertahankan kualitas hidupnya di masa tua nanti. Zat fitoestrogen mampu membuat anda memiliki tubuh yang fit dan tulang yang kuat. Wortel yang ada di asinan selain baik untuk kesehatan mata, wortel juga mampu membantu mencegah penyakit kanker. Hal tersebut dikarenakan di dalam wortel terkandung betakaroten yang mempunyai antioksidan yang berfungsi untuk menstabilkan radikal berinti karbon.

Manfaat Makanan Tradisional Asinan Betawi
source wikipedia.org

Manfaat lainnya dari mengkonsumsi asinan yaitu pembersih di dalam tubuh kita, pengatur keseimbangan asam basa tubuh, membantu pembentukan sel darah, peningkatan daya tahan tubuh, dan membantu mengembalikan sel yang telah rusak. Hal tersebut dapat terjadi dikarenakan adanya klorofil yang terkandung pada sayuran hijau. Untuk warna kuning yang terdapat pada buah dan sayur memiliki kandungan kalium yang mampu mengendalikan tekanan darah dan membersihkan karbondioksida yang berada di dalam darah.

Kalium juga dapat memicu kerja otot, simpul saraf dan mampu memperlancar pengiriman oksigen ke otak serta dapat membantu menyeimbangan cairan tubuh. Dengan mengkonsumsi buah atau sayur yang kaya akan kalium mampu membuat tubuh anda menjadi lebih segar dari sebelumnya. Sayuran dan buah yang berwarna ungu kaya akan antosianin, yaitu sumber antioksidan yang baik. Antosianin mampu membuat mata anda dapat melihat lebih baik saat malam hari. Antosianin juga mampu mencegah penyakit diabetes serta mampu menjaga kesehatan otak.

Ternyata banyak sekali bukan manfaat yang dapat kita peroleh dari mengkonsumsi asinan. Sudah sepatutnya kita bangga akan ragam makanan tradisional yang ada di Indonesia. Dikarenakan asinan bukan hanya enak tapi juga memiliki banyak manfaat bagi tubuh kita.

Artikel lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Manfaat Tersembunyi Dari Mengkonsumsi Asinan"

Post a Comment