HOME · TIPS · REVIEW · O'MARKETING · WEB · GAMES

Wisata Pantai Indrayanti - Pantai Pulang Syawal

Pantai Indrayanti merupakan pantai yang terletak di kecamatan Tepus kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta atau lebih tepatnya berada di sebelah timur Pantai Sundak. Jarak yang ditempuh sekitar 70 km bila destinasi awal anda dari Yogyakarta dan bisa memakan waktu sekitar 2 jam perjalanan. Bagi anda yang ingin ke Pantai Indrayanti diharapkan untuk membawa kendaraan sendiri dikarenakan tidak adanya angkutan umum menuju pantai.

Sedikit cerita mengenai nama Pantai Indryanti yang kontroversi dikarenakan sebenarnya nama pantai ini adalah Pantai Pulang Syawal. Nama Indrayanti sendiri sebenarnya adalah nama pemilik tempat makan yang berada di pantai Pulang Syawal, namun karena nama Indrayanti yang lebih dikenal maka disebutlah menjadi Pantai Indrayanti.

Wisata Pantai Indrayanti - Pantai Pulang Syawal
source djavaisland.com

Pantai Indrayanti merupakan pantai yang bersih dan pastinya memiliki pemandangan yang indah dibanding dengan pantai lainnya di Gunungkidul. Bukit batu karang, hamparan pasir putih, dan jernihnya air laut biru yang bersih merupakan keindahan yang ditawarkan oleh Pantai Indrayanti. Saat senja adalah saat dimana anda dapat langsung melihat sunset dengan spot yang sempurna.
Karena adanya pihak swasta yang ikut ambil bagian dalam mengelola pantai, membuat pantai ini menjadi selalu bersih dari sampah. Pihak swasta sendiri akan memberikan denda sekitar Rp 10 ribu bila ada pengunjung yang ketahuan membuang sampah sembarangan, cara inilah yang membuat Pantai Indrayanti menjadi pantai yang tetap bersih.

Harga tiket masuk Pantai Indrayanti per-orangnya sekitar Rp 10 ribu. Untuk tarif parkir motor dan mobil sekitar Rp 4-5 ribu. Anda pun dapat mencoba berbagai fasilitas di Pantai Indrayanti seperti cafe, restoran, jet sky, penginapan, musholla, kamar mandi, pondok panggung, tempat parkir, dan lainnya. Rata-rata semua tempat didesain menghadap pantai. Pastinya sangat menyenangkan bukan bila fasilitas yang tersedia cukup lengkap dan tertata dengan baik. Untuk harga penyewaan penginapan sekitar Rp 350 ribu sampai 700 ribu per malamnya.

Wisata Pantai Indrayanti - Pantai Pulang Syawal
source gunungkidulkab.go.id

Terdapat berbagai makan yang tersedia di restoran Pantai Indrayanti seperti menu sea food, ayam bakar/goreng, nasi goreng, bakso, soto, gudeg, es kelapa muda, es jeruk dan lainnya. Harga yang ditawarkan sekitar Rp 10 ribu sampai Rp 100 ribu dan pastinya tergantung dari porsi makanannya. Sedikit gambaran rute perjalanan menuju Pantai Indrayanti. Seperti yang telah di infromasikan sebelumnya bahwa anda disarankan membawa kendaraan sendiri karena belum adanya angkutan yang menuju Pantai Indrayanti. Berikut ini rute perjalanan bila destinasi awal dimulai dari kota Yogyakarta.

Rute Perjalanan Ke Pantai Indrayanti/ Pantai Pulang Sawal



Peta Lokasi Pantai Indrayanti/ Pantai Pulang Sawal


Jangan lupa untuk selalu menyiapkan berbagai kebutuhan sebelum anda pergi ke Pantai Indrayanti. Pastikan untuk menyiapkan kantong kresek untuk menyimpan sampah sebelum nantinya dibuang ke tempat sampah. Dengan cara sederhana tersebut bila dibiasakan maka akan mampu menjaga kelestarian dan keindahan Pantai Indrayanti dan juga tempat wisata lainnya. Sekian informasi mengenai Wisata Pantai Indrayanti - Pantai Pulang Syawal. Semoga liburan anda kali ini sangat menyenangkan.

Artikel lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Wisata Pantai Indrayanti - Pantai Pulang Syawal"

Post a Comment