HOME · TIPS · REVIEW · O'MARKETING · WEB · GAMES

Wisata Pantai Losari - Makassar

Pantai Losari merupakan salah satu destinasi wisata yang populer di Makassar. Pantai Losari terletak di sebelah barat kota Makassar tepatnya di Jalan Penghibur, Provinsi Sulawesi Selatan, Indonesia. Suasana yang menyenangkan dengan pemandangan pantai yang begitu memikat merupakan kelebihan dari Pantai Losari. Kelebihan lainnya dari Pantai Losari adalah saat matahari terbit dan terbenam di posisi yang sama.

Wisata Pantai Losari - Makassar
source : Atank Cakra ssl.panoramio.com/user/7613079

Banyak orang yang sudah bersantai dari pagi sampai sore menjelang terbenamnya matahari. Tempat yang luas akan berbagai pemandangan menarik membuat anda pasti akan nyaman bersantai di Pantai Losari. Ada yang suka berjalan santai, bersepeda, melukis pemandangan, dan aktivitas lainnya. Namun banyak pula muda mudi yang tetap bersantai hingga malam hari. Dikarenakan disepanjang pantai terdapat berbagai pusat kuliner yang menjual berbagai makanan khas yang mampu menggoyang lidah. Salah satu makanan favorit di Pantai Losari adalah Pisang Epe. Makanan khas ini merupakan pisang mentah yang dibakar dan disajikan dengan campuran air gula merah yang mampu menghangatkan badan kita.

Sejarah Pantai Losari

Sebelum dikenal dengan sebutan Pantai Losari, awalnya warga Makassar menyebutnya Pasar Ikan. Hal tersebut dikarenakan awalnya pada jaman dahulu area tersebut digunakan untuk menjual ikan. Namun untuk sore hari dimanfaatkan oleh pedagang lainnya untuk berjualan berbagai makanan ringan seperti kacang, pisang epe dan lainnya.

Pada tahun 1945 pembangunan pantai pertama kali dibuat. Dimulai dari desain lantai beton sepanjang 910 m yang dilakukan oleh Wali Kota Makassar saat itu yaitu DM Van Switten (1045-1946). Pada masa pemerintahan NICA pemasangan dasar beton tersebut dimaksudkan untuk melindungi berbagai objek dan sarana yang berada di Jalan Penghibur dari derasnya ombak pantai.

Wisata Pantai Losari - Makassar
source : MACTAK ssl.panoramio.com/user/235836

Untuk kata Losari sendiri terdiri dari dua kata yaitu Los dan Ari. Dimana kata Los yang berarti sebuah kawasan atau tempat untuk melakukan jual dan beli barang. Dan Ari berarti pembungkus atau penyuplai seperti yang dimaknakan pada kata ari-ari.

Untuk dapat sampai ke Pantai Losari jika anda dari pelabuhan Soekarno Hatta Makassar maka membutuhkan waktu 15 menit dengan menggunakan kendaraan pribadi maupun umum. Bila anda dari bandara Hasanuddin maka membutuhkan waktu 45 menit untuk dapat sampai ke Pantai Losari. Anda tidak perlu menggeluarkan biaya untuk dapat masuk ke kawasan Pantai Losari.

Anda tidak dapat berenang di Pantai Losari karena pantainya yang dalam dan berbahaya untuk berenang. Namun ada berbagai fasilitas lainnya yang dapat anda manfaatkan seperti bermain banana boat, menaiki perahu, dan sepeda air. Anda pun dapat melakukan aktivitas memancing dikarenakan sepanjang pantai sudah dibeton untuk dapat menahan ombak.

Untuk penginapan, Pantai Losari sudah memiliki fasilitas penginapan yang memadai disekitarnya. Dikawasan ini juga terdapat Mesjid yang cukup unik karena Mesjid Amirul Mukminim berada di area yang terapung. Mesjid ini mampu menampung 400 jamaah dan memiliki 2 menara serta 2 kubah. Jadi tunggu apalagi? Jika anda ke Makassar Sulawesi Selatan jangan lupa untuk mampir ke Pantai Losari.

Peta Lokasi Pantai Losari - Makassar



Artikel lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Wisata Pantai Losari - Makassar"

Post a Comment