HOME · TIPS · REVIEW · O'MARKETING · WEB · GAMES

Pengertian Search Engine (Mesin Pencari)

Kali ini saya akan menjelaskan mengenai pengertian, manfaat cara kerja, fungsi dan contoh dari Search Engine (Mesin Pencari). Pastinya anda pernah menggunakan Google untuk melakukan beberapa aktivitas, seperti mencari halaman suatu website atau blog, gambar, video, dan informasi lainnya. Bagaimana bisa sebuah website yang memiliki tampilan yang sangat simpel, namun dapat memberikan banyak informasi yang kita butuhkan? Bagaimana cara kerja dari Search Engine Google?

Pengertian Mesin Pencari Search Engine

Pengertian Search Engine

Search Engine (Mesin Pencari) adalah sebuah sistem software yang di desain untuk mencari berbagai informasi yang tersimpan dalam layanan World Wide Web (WWW), File Transfer Protocol (FTP), Mailing List, atau News Group yang berada di dalam sebuah atau sejumlah Server dalam suatu batasan jaringan. Hasil dari pencarian akan menampilkan berbagai data informasi yang bersumber dari sebuah Website, Blog, Forum tertentu. Hasil dari pencarian sering disebut sebagai Search Engine Result Pages (SERPs).

Hasil pencarian juga memiliki variasi data yang ditampilkan, seperti bentuk tulisan, gambar, video, dan bentuk tampilan lainnya. Dari hasil pencarian yang ada akan menampilkan data sesuai dengan urutan yang telah ditentukan oleh Algoritma Search Engine. Jadi untuk dapat masuk ke urutan halaman pertama Search Engine tidaklah mudah. Banyak perhitungan dan tata cara yang harus dilakukan untuk dapat masuk ke halaman pertama suatu Search Engine. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menjalankan teknik SEO atau menggunakan jasa SEO pada website bisnis anda.


Sejarah Singkat Search Engine

Seiring dengan perkembangan dunia maya, Search Engine pun memiliki perkembangan yang cukup baik dari tahun ke tahun. Salah satu Search Engine yang cukup terkenal dan banyak dipakai oleh banyak negara adalah Search Engine Google. Namun ada beberapa kelompok membuat Search Engine sendiri untuk negaranya, seperti Search Engine Yandex yang berasal dari Rusia dan telah beroperasi sejak tahun 1997. Kemudian ada Search Engine Baidu yang beroperasi sejak tahun 2000. Baidu didirikan di kampus Baidu yang letaknya di Distrik Haidan, Beijing, RRC. Search Engine lain yang juga terkenal adalah Bing, Yahoo, ASK, MSN, AOL, dan lainnya.

Search Engine Google sendiri muncul di akhir tahun 1997. Ketatnya persaingan dengan berbagai Search Engine yang sudah lebih dahulu ada, tidak membuat Google menyerah begitu saja. Pada tahun 2000 Search Engine Yahoo sempat menduduki posisi peringkat puncak, namun hal itu hanya sementara dikarenakan Google berhasil mencapai peringkat tersebut. Google pun diperhitungkan dan dipandang sebagai Search Engine yang utama sampai sekarang ini.

Pengertian Search Engine Mesin Pencari

Cara Kerja Search Engine

Kemudian bagaimana cara kerja dari Search Engine yang mampu menampilkan berbagai data informasi yang akurat sesuai dengan kata kunci yang kita berikan? Search Engine Google memiliki software yang bernama Web Crawlers atau disebut juga Googlebot. Cara kerja Software ini, yaitu mengambil halaman-halaman website secara otomatis dengan mengikuti setiap link bersifat Dofollow. Kemudian setiap halaman tersebut akan dianalisa untuk dapat menentukan cara indeks, seperti pembacaan teks pada judul, subjudul, dan bagian khusus yang disebut Meta Tag.

Data tersebut kemudian akan disimpan ke dalam Server yang nantinya dapat digunakan untuk pencaharian data yang diinginkan. Data yang tersimpan dapat berupa halaman suatu website, dari teks, gambar, video dan informasi lainnya. Namun tidak semua halaman suatu website dapat ditemukan, dikarenakan adanya peraturan webmaster yang dapat membuat halaman website untuk dipublikasikan atau hanya untuk private website atau blog.

Anda juga dapat melihat video dibawah ini mengenai bagaimana cara kerja search engine sebenarnya dalam memberikan hasil pencarian yang sempurna bagi kebutuhan anda. Berikut video dari Google "How Search Works" yang dibawakan oleh Matt Cutts yang berada di dalam Channel Google. Di dalam channel tersebut anda dapat melihat perkembangan dari berbagai update dan project terbaru Google. Semoga video dibawah ini dapat membuat anda menjadi lebih paham akan kerja dari Search Engine terutama Google.



Contoh Search Engine

Berikut ini contoh berbagai macam Search Engine yang dapat digunakan, seperti search.yahoo.com - www.bing.com - www.looksmart.com - www.gigablast.com - www.excite.com - id.ask.com - www.aol.com - www.baidu.com - www.yandex.com - www.google.com


Manfaat Search Engine

Banyak dari kita sering memakai Search Engine, lalu apa manfaat dari Search Engine? Pastinya manfaat dari Search Engine adalah mempermudah seseorang untuk mencari informasi yang diinginkan secara cepat, dan tepat. Karena dengan hanya mengetik kata kunci yang diinginkan, misalnya kata "Pengertian Search Engine" maka akan langsung muncul berbagai website dan blog yang memberikan informasi mengenai kata kunci tersebut dengan cepat dan tepat.

Dari berbagai sektor Search Engine sebenarnya telah memberikan banyak manfaat seperti dilihat dari sudut pemilik web blog. Dimana setiap web blog yang memberikan informasi yang relevan dan lengkap, maka dapat dipastikan secara tidak langsung halaman informasi web blog anda akan naik ke halaman pertama pencarian. Selanjutnya pengunjung akan terus berdatangan dan membuat web blog anda akan kebanjiran pengunjung.

Umumnya tidak semua artikel pada web blog satu dengan yang lainnya lengkap atau kaya akan informasi yang dibutuhkan oleh pengunjung. Namun berbagai pemilik web blog mulai memaksakan artikelnya agar mampu berada ke halaman pertama dengan melakukan berbagai cara, salah satunya adalah teknik SEO. Bayangkan bila salah satu kata kunci memiliki ribuan traffic perbulannya, dan artikel atau jualan anda berada di urutan pertama.

Dapat dibayangkan bisnis anda pun akan berkembang dengan pesat sesuai dengan berjalannya waktu. Contohnya jika anda menjual Alat Pemadam Kebakaran, maka sesuai dengan kata kuncinya anda dapat membuat berbagai artikel yang berhubungan dengan "Alat Pemadam Kebakaran" dengan informasi yang lengkap dan jelas. Maka dengan begitu sektor pasar anda akan sangat mudah sekali menggapai web blog bisnis anda.

Sekian penjelasan mengenai Pengertian, Cara Kerja dan Manfaat yang diberikan oleh Search Engine (Mesin Pencari). Jangan lupa untuk membaca artikel lainnya seperti penjelasan mengenai "Mengapa SEO Penting Bagi Website Bisnis Online?".

Artikel lainnya:

2 Tanggapan untuk "Pengertian Search Engine (Mesin Pencari)"

  1. waaah bagus sekali... saya jadi mudah memahaminya.... thank's ya..

    ReplyDelete