HOME · TIPS · REVIEW · O'MARKETING · WEB · GAMES

Pengertian Backlink dan Cara Mudah Membuatnya

Berikut ulasan pengertian, fungsi, jenis, cara mencari banyak backlink berkualitas dan membuatnya. Banyak yang belum paham pengertian backlink dan cara mudah membuatnya. Ada berbagai macam jenis backlink yang dapat digunakan untuk meningkatkan kata kunci website atau blog yang kita inginkan. Namun jumlah backlink bukanlah faktor utama website kita dapat memenangkan berbagai kata kunci.

Backlink adalah link yang mengarah dari satu website ke website lainnya dengan anchor text atau tidak serta memiliki atribut link dofollow dan nofollow. Backlink yang dibuat berfungsi untuk memberitahu pengunjung website bahwa ada referensi link yang relevan pada halaman tersebut. Backlink yang ditujukan ke website utama kita dapat disebut sebagai inbound links, inlinks, incoming links, atau inward links.

Pengertian Backlink dan Cara Mudah Membuatnya

Spesifikasi Backlink Berkualitas

Sebenarnya aspek ini yang paling penting dalam menanamkan sebuah backlink. Kualitas suatu backlink lebih memberikan efek dalam meningkatkan ranking dibanding menanam backlink dengan kualitas rendah atau buruk dengan jumlah yang banyak. Hal ini dimaksudkan agar perkembangan blog menjadi terjaga dan dapat memberikan hasil yang memuaskan. Jadi perlu anda ketahui bahwa Kualitas Backlink lebih penting dari pada Kuantitas Backlink yang ditanam bagi blog anda. Berikut berbagai spesifikasi backlink yang dapat anda pelajari.

Spesifikasi backlink berkualitas yang baik bagi website anda:
  1. Memiliki DA (Domain Authority) dan PA (Page Authority) minimal 10
  2. Memiliki PR (Page Rank) minimal 2 atau lebih
  3. Memiliki Backlink keluar yang sedikit atau bisa dikatakan tidak ada tindakan spamming link
  4. Memiliki Artikel yang berkualitas (tidak copas, atau artikel spin)
  5. Bukan merupakan website berbau p*rn*grafi, j*di, scam, spam, plagiat, copas, iframe, AGC, dan berbagai jenis website terlarang.
  6. Memiliki umur website yang cukup (minimal 2-5 bulan, semakin tua semakin baik) untuk ditanam backlink
  7. Bukan merupakan website de-index
  8. Merupakan website yang se-niche dan satu bahasa dengan website utama anda
  9. Memiliki IP Class (IP Diversity) website yang berbeda dengan website utama anda
  10. Memiliki atribut backlink Dofollow ke website anda sebaiknya atau Nofollow juga cukup.


Saran Dalam Membangun Backlink

Berikut ini saran dalam membangun backlink yang baik dan benar
  1. Sebaiknya website utama sudah mempunyai data, artikel, atau informasi yang telah di post sebelumnya. Kemudian diberikan backlink setelah website Fresh Domain telah memasuki umur 1-2 bulan.
  2. Sebaiknya backlink yang ditanaman berada di area komentar, halaman profile forum, signature forum, atau di dalam sebuah artikel (Contextual Backlink).
  3. Lebih baik tidak menanam backlink secara berlebihan. Minimal setiap domain memberikan 5-15 backlink ke website utama anda. Karena jika terlalu banyak backlink dari satu domain dapat terdeteksi tindakan spamming dan malah akan menurunkan keyword yang di inginkan. Contohnya melakukan reply thread pada forum dengan signature yang berlebihan. Anda dapat melihat total backlink sebuah domain di Webmaster Tools.
  4. Saat menanam Backlink sebaiknya dilakukan di jaringan yang berbeda, atau dengan ip publik yang berbeda-beda. Hal tersebut untuk mencegah terdeteksinya tindakan tidak wajar (unnatural) dalam meningkatkan suatu website. Anda dapat menggunakan plugin Anonymox atau sejenisnya.
  5. Sebaiknya menggunakan cara perlahan tapi pasti, yaitu dengan memberikan backlink yang tidak terlalu banyak dalam satu waktu. Sebaiknya semua backlink yang ditanam perharinya memiliki pola perhitungan. Contohnya hari ini memberikan 5 backlink, kemudian besok 7 backlink dan besoknya lagi 6 backlink. Cara aman ini akan membuat website anda menjadi awet dari serangan Sandbox atau De-Index.
  6. Jangan memberikan backlink secara besar-besaran secara mendadak. Seperti hari ini memberikan 10 backlink, hari berikutnya langsung memberikan 1000 backlink. Dapat dipastikan Google akan segera mengetahui tindakan tersebut dan memberikan hukuman.
  7. Sebaiknya memberikan berbagai jenis backlink pada website utama, seperti hari ini backlink dari comment blog, besok dari social bookmarking, besoknya lagi dari document sharing, selanjutnya dari profile forum dan jenis backlink lainnya.
  8. Akan lebih baik jika backlink yang kita tanam dapat di-edit di kemudian hari. Hak akses tersebut sangat membantu kita mengubah atau menghapus link yang tertanam ketika website yang kita tanam terindikasi halaman/website spam atau hal lainnya yang negatif bagi website kita.
  9. Sebaiknya dalam menanamkan backlink menggunakan Anchor Text yang berbeda-beda namun masih berhubungan erat dengan kata kunci utama. Contohnya link artikel yang akan diberikan backlink berjudul "Pengertian Backlink dan Cara Mudah Membuatnya", maka anda dapat memberikan backlink dengan anchor text seperti "Cara Membuat Backlink", "Pengertian Backlink", "Penjelasan Backlink", "Backlink Berkualitas", "Fungsi Backlink", "Kumpulan Backlink Berkualitas", dan informasi lainnya yang masih berhubungan dengan kata Backlink.
  10. Sebaiknya untuk domain utama diberikan Anchor Text 75% sesuai dengan nama domain dan 25% untuk kata kunci yang diinginkan.
  11. Sebaiknya tidak semua backlink tertujuh pada domain utama saja, melainkan juga ke seluruh artikel, atau seluruh url lainnya pada domain anda.
  12. Selalu lakukan report hasil, dan url tempat menanam backlink tersebut. Hal ini memudahkan kita untuk memantau perkembangan baik atau buruk bagi website kita.

Berbagai Cara Melakukan Backlink

``One Way Backlink

One Way Backlink merupakan jenis backlink satu arah atau link hanya mengarah ke website utama saja. Umumnya cara ini biasa digunakan oleh para blogger seperti melakukan Blog Walking (Blog Comments) dimana kita dapat menanam backlink nofollow atau nofollow di dalam sebuah komentar tanpa harus memberikan link balik ke blog tersebut. Cara ini paling sering dimanfaatkan karena memberikan hasil yang maksimal.

``Two Way Backlink (Reciprocal Backlink)

Two Way Backlink atau Reciprocal Backlink merupakan jenis backlink dua arah atau adanya timbal balik dalam memberikan backlink diantara dua website. Contohnya website A memberikan link ke website B, kemudian website B juga memberikan link kembali ke website A. Umumnya dikenal dengan barter atau saling tukar link, dengan tujuan untuk saling mendapatkan keuntungan. Namun cara ini sudah tidak memberikan efek pada optimasi mesin pencari karena pada tahun 2005 adanya update Jagger 2 membuat sistem pencari Google berhenti memberikan poin kepada sistem link seperti itu.

``Three Way Backlink

Three Way Backlink merupakan jenis backlink yang mirip dengan two way backlink, namun dilakukan oleh tiga website berbeda. Awalnya anda mendaftarkan link website anda ke situs pihak ketiga dan anda diharuskan pula menanam backlink pihak lain terlebih dahulu di website anda. Cara ini sebenarnya dapat dibangun tanpa pihak ketiga, yaitu dengan cara membangun banyak dummy blog dengan data yang berbeda-beda.


Berbagai Macam Jenis Backlink

Berikut berbagai macam jenis backlink yang dapat anda buat dalam membangun backlink bagi website anda. Ingat untuk tidak melakukan backlink secara berlebihan. Lakukan teknik natural dengan cara perlahan tapi pasti. Lakukan backlink setiap harinya dengan mencampur semua jenis backlink dibawah ini.
  1. Backlink Artikel
  2. Backlink jenis ini memiliki rate positif jika website dan kualitas artikel masuk dalam kategori unik. Umumnya Backlink ditanam di dalam artikel berupa anchor text yang relevan, seperti ini "Jual Dasi Slim".
  3. Backlink Social Media
  4. Backlink ini umumnya ditanam di area profile, status, dan area lain dihalaman social media seperti Twitter, Facebook, Google+, Pinterest, dan lainnya.
  5. Backlink Video
  6. Backlink ini dapat dipasang di dalam keterangan suatu video yang telah di upload. Kualitas dan rank video tersebut akan menjadi dampak bagi backlink yang ditanam di area deskripsinya.
  7. Backlink Blog Comment
  8. Backlink yang paling banyak dilakukan. Walaupun efeknya tidak sebesar dulu, namun para senior tetap menggunakan cara ini untuk menambahkan backlink nofollow bagi websitenya.
  9. Backlink Document Sharing
  10. Backlink yang terdapat dalam dokumen berupa doc atau pdf yang diupload dan dibagikan ke website Document Sharing.
  11. Backlink Forum
  12. Backlink forum juga paling sering dilakukan seperti menempatkan backlink pada forum profile, signature atau sumber thread forum.
  13. Backlink Social Bookmark
  14. Backlink yang didapatkan dengan melakukan submit url website ke website social bookmark. Walaupun sangat mudah, namun kita tidak dapat memanfaatkan cara ini dengan waktu lama. Hal ini karena website Social Bookmark bisa saja dihapus atau diubah oleh pemiliknya.
  15. Backlink Image Sharing
  16. Backlink jenis Image Sharing juga ampuh dalam meningkatkan kata kunci dan gambar yang relevan dengan backlink yang ditanam di keterangannnya. Anda dapat memanfaatkan banyak website Image Sharing seperti Pinteres dan Flikr.com.
  17. Backlink MicroBlog
  18. Menanamkan backlink di situs Microbloging juga cukup ampuh mendongkrak rangking website. Microblog merupakan situs blog dengan posting hanya dengan jumlah karakter yang sedikit, seperti twitter, rainbowdash, scroophot, yatam, plurk, tumblr, dll.
  19. Backlink Web 2.0
  20. Backlink web 2.0 merupakan backlink yang berasal dari web 2.0 seperti wordpress, blogger, weebly, jimdo dan lainnya disini web blog gratis. Sebaiknya backlink yang ditanam menggunakan teknik backlink artikel dan perawatannya harus baik. Artikel yang diberikan sebaiknya artikel berkualitas.
  21. Backlink URL Shortener
  22. Backlink URL Shortener populer karena redirect 301 yang dapat membantu penanaman backlink diberbagai website dengan aman. Backlink jenis ini dapat disebar ke berbagai social media dan berbagai website.
  23. Backlink Wiki
  24. Backlink Wiki umumnya sulit bagi pemula untuk menanamnya, karena ketentuan yang sangat ketat. Namun anda dapat menggunakan jasa Submit Backlink Wiki dengan biaya yang cukup murah. Adapun tersebar berbagai cara menanam backlink pada website Wiki yang sudah tidak di maintain.
  25. Backlink Guestbook
  26. Backlink jenis ini cukup riskan walaupun sangat mudah menanamnya. Karena backlink Guestbook paling cepat terindikasi tindakan spamming. Lebih baik anda memanfaatkan Backlink URL Shortener dengan Backlink Guestbook.
  27. Backlink Directory Sites
  28. Merupakan cara menambahkan link website kita ke website direktori. Cara backlink ini masih digunakan walaupun dampaknya tidak sekuat backlink artikel.
  29. Backlink Referrer
  30. Merupakan cara tukar backlink (Blogroll) mengajak pengunjung bertukar image link. Dimana anda dapat membuat image kecil dengan desain minimalis disertai dengan script backlink.
  31. Backlink Trackback
  32. Sebenarnya cara ini cukup menjadi celah untuk terjadinya spamming. Backlink Trackback merupakan cara untuk menyarankan sebuah artikel ke blog lainnya. Namun difungsikan untuk mendapatkan banyak backlink dengan memalsukan trackback.
  33. Backlink Pingback
  34. Cara yang sama dengan Trackback namun Pingback melalui proses verifikasi yang diatur oleh pemilik website. Cara ini dapat dipalsukan juga dan cepat terindikasi sebagai spamming. Linknya berupa anchor text dengan link tujuan dan terdapat pada kolom komentar.
  35. Backlink Website QA
  36. Backlink website QA (Question + Answer) merupakan cara menanam backlink dengan tujuan mengarahkan pengunjung pada sebuah jawaban dari pertanyaan yang diberikan. Atau memberikan backlink sebagai sumber terpercaya terhadap jawaban yang diberikan. Contohnya Yahoo Answer, Blurtit, Answers.com, FunAdvice, AksVille Amazon, AskMeHelpDesk, TheAnswerBank, AskDeb dan situs lainnya yang sejenis.


Cara Mudah Mendapatkan dan Membuat Backlink Berkualitas

Berikut cara mudah dalam mendapatkan backlink yang berkualitas bagi website anda. Ada berbagai cara, namun cara termudah adalah dengan mencarinya di Search Engine dan digabung dengan plugin. Caranya yaitu dengan menggunakan dua Tools Gratis seperti Plugin SEOQuake dan Moz. Awalnya akan sedikit membingungkan, namun bila sering memanfaatkannya akan menjadi mudah dan cepat mendapatkan backlink. Cara dibawah ini sebenarnya dapat anda kembangkan dan disesuaikan dengan kebutuhan.

Cara Memasang SEOQuake Toolbar

Cara Memasang SEOQuake Toolbar
SEOQuake merupakan plugin yang membantu menampilkan berbagai informasi sebuah link website dari informasi PR, Total Index, Total Share Social Media, Alexa Rank, Age, Source dan berbagai informasi penting lainnya. Plugin ini sangat membantu kita untuk menentukan website tersebut baik atau buruk. Untuk menginstallnya anda dapat mengunjungi websitenya disini SeoQuake, kemudian klik Install SeoQuake.

Cara Memasang MOZ Toolbar

Cara Memasang MOZ Toolbar
Moz merupakan website yang memiliki informasi serta tools SEO yang sangat membantu untuk meningkatkan ranking website. Anda dapat melihat informasi sebuah website dari PA, DA, dan Informasi Backlink yang digunakan. Untuk menginstallnya anda dapat mengunjungi websitenya disini Moz SEO Toolbar, kemudian klik Download for Chrome atau Download for Firefox.

Dari kedua tools tersebut kita dapat memanfaatkannya untuk mensortir hasil pencarian search engine dari SEOQuake dengan PR dan Moz dengan PA dan DA-nya. Cara berikut referensi kumpulan footprint dari berbagai website, yaitu mendapatkan Ribuan Backlink Secara Gratis dengan memanfaatkan Footprint!


Mencari Backlink Dengan Footprint

Backlink Weebly
Caranya ketik kalimat dibawah ini di Search Engine Google:

  • site:.weebly.com “Leave a Reply”
  • site:.weebly.com “Leave a Reply” "KATA KUNCI"
  • site:.weebly.com “add a comment”
  • “create free website with weebly” “leave a reply”
  • “create free website with weebly” “add a comment”
  • site:.weebly.com “email (not published)” ”name (required)”
  • “create free website with weebly” “email (not published)” ”name (required)”

Backlink Weebly.com Leave a Reply SEO
Hasil Pencarian Weebly Leave a Reply SEO

Isi Kata Kunci sesuai dengan kebutuhan anda. Biasanya diisi dengan kata kunci yang masih relevan dengan link yang akan ditanamkan. Contoh artikel yang akan diberikan backlink berjudul "Pengertian Backlink", maka lebih baik kita mencari backlink dari weebly yang sesuai seperti artikel dengan niche website, online marketing, seo, sem, dan lainnya. Kemudian pilihlah url yang memiliki PA dan DA yang tinggi. Cara membuat dan mendapatkan backlink di weebly cukup mudah dan umumnya langsung approve. Kemudian lakukan komentar yang relevan pada halaman tersebut. Dimulai dari memasukan nama (kata kunci tertarget), email, link website (home atau halaman artikel anda), dan isi komentar anda.

Backlink Komentar Weebly

``Kumpulan Footprint Pencari Backlink Comment









``Kumpulan Tools Gratis Pencari Backlink Kompetitor

Berikut kumpulan tools gratis yang dapat kita manfaatkan untuk mendapatkan berbagai macam backlink dari kompetitor. Namun perlu ketelitian saat mendapatkan backlink milik website lain, karena bisa saja backlink yang ditampilkan tools merupakan backlink jelek atau tidak berkualitas apapun.
  1. Openlinkprofiler.org
  2. Seoprofiler.com
  3. Backlinkwatch.com
  4. Moz.com/researchtools/ose/
  5. http://www.alexa.com/siteinfo
  6. Screamingfrog.co.uk/seo-spider/
  7. Woorank.com
  8. Webmeup.com
  9. Follow.net
  10. Similarweb.com
  11. Majestic.com
Urutan tools gratis tersebut disesuaikan dengan rate fungsi dan hasil yang diberikan. Dimana nomor 1 sampai 4 memang memberikan data backlink gratis semaksimal mungkin. Dan web lain sebenarnya sama, namun kebakanyakan harus Premium Member untuk mendapatkan segala kelebihannya.


Cara Mudah Membuat Backlink Cepat Ter-index

Backlink yang kita tanam akan memberikan efek dengan cepat jika backlink yang kita tanam telah terindex. Terkadang backlink terindex dengan waktu yang cukup lama, yaitu sekitar 1-3 bulan lamanya. Berikut cara mudah membuat backlink yang anda tanam cepat ter-index.

  1. Melakukan Ping ke url tempat backlink kita berada. Contohnya website PingFarm.com, Backlinkping.com dan lainnya.
  2. Melakukan Backlink kembali url Backlink dengan Social Bookmark
  3. Melakukan RSS Feed Submit ke url Backlink
  4. Melakukan teknik Indexification yaitu menggunakan short URL ke backlink, lalu lakukan ping, submit rss, ping sitemaps, dan terakhir ping url halaman konten yang diberikan backlink
  5. Melakukan teknik Lindexed dengan fitur unik, yaitu PingCloud
  6. Menggunakan jasa OneHourIndexing.co
  7. Menggunakan jasa Linklicious


Fungsi Backlink Terhadap Suatu Link / Website Utama

Backlink sebenarnya memiliki fungsi yang cukup ampuh untuk membuat website anda menjadi lebih dikenal. Berikut berbagai fungsi backlink bagi website utama anda.

  1. Link yang mendapat inbound backlink menjadi lebih mudah di-crawl dan dikenal oleh Search Engine
  2. PA dan DA suatu domain yang mendapat backlink menjadi meningkat
  3. Banyak kata kunci yang mengarah ke website mulai terindex oleh Search Engine
  4. Pengunjung website meningkat seiring dengan kualitas backlink dan kualitas konten yang diberikan
  5. Autoritas website menjadi meningkat di mata Search Engine
  6. Bisnis yang berada di dalam website semakin berkembang
  7. Jangkauan pemasaran produk / artikel menjadi lebih luas dikarenakan banyak kata kunci yang terindex
  8. Banyak kata kunci yang meningkat ke halaman pertama seiring dengan banyaknya backlink berkualitas yang diberikan
  9. Website menjadi lebih mudah ditemukan di Search Engine
  10. Meningkatnya peminat / visitor / konsumen yang kembali mencari informasi di website anda

Sekian penjelasan mengenai pengertian mengenai Backlink dan cara mudah membuatnya. Semoga website anda dapat menduduki halaman pertama di Google dengan mudah. Ingat bahwa sesuatu yang berlebihan bisa berdampak buruk, begitu pula dengan backlink. Tetap kualitas konten adalah raja untuk mendapatkan peringkat di Google seperti teknik Guest Post.

Apakah website anda memiliki konten dengan kualitas yang tinggi? Jika tidak maka hal tersebut harus coba diterapkan, namun pemilik web bisnis online biasa memiliki sedikit waktu untuk melakukan berbagai teknik, maka dari itu cobalah untuk memakai Jasa SEO terpercaya yang selalu update mengenai teknik terbaru dari perkembangan algoritma Google. Baca juga mengenai review bisnis terpopuler yang perlu Anda ketahui seperti Bisnis Tekstil Garment dan Konveksi.

Artikel lainnya:

6 Tanggapan untuk "Pengertian Backlink dan Cara Mudah Membuatnya"

  1. Artikelnya mantap bangat, saya ngerti dikit2 tentang backlink makasih infonya.

    ReplyDelete
  2. artikel yang menarik, bisa di praktekan, salam sukses dan terima kasih

    ReplyDelete
  3. ulasan yang sangat berbobot sekali, cukup panjang dan super lengkap

    ReplyDelete
  4. Terima kasih sudah mennyajikan tentang backlink dengan simpel. Tapi masih bingung cara memakai tool gratis di atas.

    ReplyDelete
  5. Sangat membantu min. Terima Kasih banyak...

    ReplyDelete
  6. terimakasih banyak informasinya kk .. :)

    ReplyDelete