HOME · TIPS · REVIEW · O'MARKETING · WEB · GAMES

Pengertian Web Browser dan Contohnya

Berikut ini pembahasan mengenai pengertian web browser beserta contoh, fungsi dan berbagai manfaatnya. Sekarang seiring berkembangnya dunia Internet dan dengan akses internet yang lebih cepat membuat setiap orang dapat dengan mudah mengunjungi berbagai situs website. Namun tahukah Anda bahwa untuk dapat mengunjungi situs website pasti memerlukan sebuah Browser?

Bila di ingat dahulu ada Browser Internet Explorer (IE) yang cukup terkenal. Hal ini dikarenakan saat menginstall OS Windows pasti sudah disertai browser IE. Namun seiring perkembangannya IE mulai tergeser dengan muncul berbagai software dan aplikasi Browser terbaru yang lebih efisien dan kaya akan fitur penunjang. Lalu apakah Anda mengetahui apa arti dari Web Browser itu sendiri?

Pengertian Web Browser dan Contohnya Jasa SEO SEOGereggi.com

Pengertian Web Browser

Web Browser adalah program software atau aplikasi (Perangkat lunak) yang digunakan untuk mengakses suatu halaman website dalam bentuk gambar, tulisan, video dan informasi lainnya dengan mengandalkan jaringan lokal (Intranet) atau global (Internet). Saat menggunakan web browser, maka data akan diunduh dan disajikan sesuai dengan tatanan struktur website yang sedang diakses.

Cara Kerja Web Browser

Sebenarnya cara kerja dari web browser erat kaitannya dengan koneksi Internet, yaitu ketika Anda sedang menjalankan Web Browser, kemudian mengetikkan suatu alamat website seperti SEOGereggi.com misalnya. Maka dengan cepat Web Browser dan bantuan Internet akan mengambil data website dari awal sampai data akhir web tersebut.

Pertama jaringan internet akan mengakses HTTP / HTTPS yang kemudian mengambil setiap data dari server website dan menampilkannya ke Web Browser. Maka dari itu jika layanan Internet kita kurang baik (Lemot), akan membuat tampilan website akan terlihat berantakan. Padahal hal itu terjadi karena data website di server tidak dapat terambil (Unduh) seluruhnya. Berikut ini referensi secara lebih lengkap Cara Kerja Web Browser.


Contoh Web Browser

Setelah memahami cara kerja Web Browser, sekarang waktunya pembahasan mengenai berbagai macam contoh web browser yang paling sering kita gunakan sehari-hari seperti:

Google Chrome
Merupakan salah satu Browser terkenal dan memiliki banyak fitur yang dapat dimanfaatkan. Google Chrome hadir dengan tampilan sederhana yang dirilis oleh Google pada tahun 2008. Google Chrome memiliki kinerja yang cepat dan ringan. Pada Browser Google Chrome terdapat berbagai fitur penunjang yang dijadikan 3 poin utama, yaitu Cepat, Praktis dan Aman. Maka dari itu Google Chrome memiliki peringkat pengguna tertinggi berdasarkan data dari W3Counter setiap bulannya.

Safari Browser
Rilis pada tahun 2003 Safari Browser buatan Apple Inc ini hadir menggantikan IE for Mac. Awalnya memang Safari Browser khusus dipergunakan bagi pengguna Mac OS, namun pada tahun 2007 Safari hadir pada OS Windows. Sampai artikel ini dibuat Safari Browser selalu menempati urutan ke dua dari data W3Counter.

Mozilla Firefox
Siapa yang tidak kenal dengan Browser Mozilla Firefox. Dengan logo browser yang unik Mozilla Firefox rilis pada tahun 2004. Dimana saat itu IE dianggap sebagai browser yang kurang aman, membahayakan pemakai dan tidak mengikuti standar website. Namun bagi Tim SEOGereggi.com kinerja Mozilla Firefox lebih berat saat awal menjalankannya dan saat multi-tab.

Opera Browser
Merupakan Web Browser yang juga terkenal dan telah hadir pada berbagai platform Mobile. Opera Browser / Opera Mini memang sangat fenomenal saat masa Nokia OS Symbian dan Blackberry. Opera Mobile Browser saat itu mampu memberikan kemudahan dalam melakukan aktivitas browsing.

Sekarang Opera Browser telah melakukan banyak update untuk mengimbangi pesaingnya. Penambahan fitur VPN salah satunya. Dengan hadirnya fitur VPN mampu memberikan kebebasan dalam berselancar di dunia maya tanpa perlu khawatir akan keamanan dan pemblokiran akses suatu situs. Cek pembahasannya disini "Cara Mudah Membuka Situs yang Diblokir Operator".

Internet Explorer
Merupakan salah satu Web Browser fenomenal yang dahulunya paling sering dipakai. Namun munculnya berbagai Web Browser lain akhirnya Internet Explorer menjadi sedikit peminatnya. Namun sekarang Web Browser IE akhirnya melakukan update dan merubah namanya menjadi Microsoft Edge.

Kerennya pada website resmi browser Microsoft Edge ditampilkan beberapa kelebihannya seperti 29% lebih cepat dari pada Web Browser Chrome, Baterai lebih tahan lama 98% dari Browser Mozilla Firefox dan 18% lebih banyak website berbahaya yang diblokir di Microsoft Edge dibanding Chrome. Update besar yang dilakukan Microsoft patut diacungi jempol, dikarenakan Microsoft akhirnya mampu memberikan Web Browser standar yang diperlukan pengguna.

Sebenarnya ada banyak sekali browser yang beredar di Internet, mulai dari yang bisa Multi-Platform sampai yang hanya khusus untuk Gadget atau PC. Setiap Web Browser selalu memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Contohnya seperti Tor Browser, Flock Browser, ICab Browser, Maxthon Browser, Brave Browser, UC Browser dan Puffin Browser.

Maka dari itu tidak ada salahnya untuk mencoba setiap Web Browser, dengan begitu Anda pun akan merasakan kecocokan dalam pemanfaatan penggunaan Web Browser tersebut. Saran dari Tim SEOGereggi.com adalah menggunakan browser Google Chrome, Opera, Mozilla Firefox dan Tor Browser.

Pengertian Web Browser Fungsi Contoh Manfaat Jasa SEO SEOGereggi.com

Fungsi Web Browser

Membuka Halaman Website

Fungsi utama dari Web Browser yaitu membuka halaman website yang diinginkan. Dengan hanya mengetik nama Domain website dan Enter, maka website tersebut akan terbuka. Bila ingin mencari suatu data atau website terkait bisa juga melalui Search Engine.

Memastikan Keamanan Website

Mengunjungi sebuah website juga dapat membuka celah bagi perangkat yang mengakses (PC atau Gadget) untuk terkena berbagai jenis Virus. Maka dari itu Web Browser memiliki fitur Authentication atau verifikasi suatu website, apakah aman atau tidak untuk di akses?

Dengan fungsi ini, maka pengguna Web Browser dipastikan akan selalu diberikan peringatan bila suatu website yang diakses mempunyai tingkat rentan keamanan yang kurang (HTTPS) atau telah terjangkit berbagai jenis Malware yang bisa saja terunduh saat Anda mengakses website tersebut.

Untuk lebih amannya lengkapi selalu perangkat PC / Laptop dengan Antivirus terpercaya. Umumnya Antivirus akan berkolaborasi memberikan keamanan lebih terhadap perangkat PC / Laptop saat kita mengakses berbagai website.

Fitur Search Engine

Setiap Web Browser umumnya sudah memiliki fitur Search Engine yang dapat langsung kita gunakan tanpa harus membuka Domain Search Engine tersebut. Dengan mengetikkan suatu Kata Kunci di Address Bar, maka Search Engine akan menampilkan seluruh data yang dibutuhkan.

Karena pada umumnya Web Browser berfungsi untuk melakukan pencarian data. Dimana awal mula data mulai dicari dari Search Engine, baru kemudian masuk ke berbagai link website yang tersedia. Search Engine yang paling terkenal saat ini adalah Google dan Bing.

Memaksimalkan Tampilan Website

Ternyata Web Browser juga dapat membantu untuk mengambil data website dan kemudian memaksimalkan tampilan website tersebut. Web browser pun dapat menampilkan berbagai data website seperti tulisan, gambar, video, audio, animasi (Flash) dan lainnya dengan dukungan dari bahasa pemograman website seperti CSS, JS, PHP, HTML dan lainnya.

Bila Anda menggunakan Browser Chrome di Android / IOS, maka akan terdapat fitur "Show Simplified View" pada Menu Accessibility. Fitur yang terdapat di Browser Chrome ini berfungsi untuk meringankan kinerja dan menyederhanakan tampilan yang berat pada suatu website. Bisa dikatakan bahwa Web Browser Chrome akan membantu Anda untuk menampilkan data gambar dan teks yang diinginkan dalam bentuk tampilan yang sederhana.

Pengertian Web Browser Chrome Jasa SEO SEOGereggi.com

Mempersingkat Kinerja Penayangan Website

Fungsi Web Browser satu ini sering kita gunakan tanpa kita sadari. Bila Anda sering mengakses suatu halaman website contohnya Facebook, maka dengan fitur Cache pada Web Browser akan membantu untuk memberikan ruang untuk menyimpan data. Maka saat Anda membuka halaman yang sama tersebut kembali, fitur Cache akan bekerja mengambil data yang telah tersimpan dan menampilkannya kembali tanpa harus mengambil data tersebut dari server website. Dengan fitur ini maka kinerja penayangan halaman website menjadi lebih cepat.

Membantu Fungsi Kerja Lainnya

- Passwords & Forms : Berfungsi untuk menyimpan data yang sering di input pada sebuah form di website tertentu. Contohnya login Facebook yang sering diketik (User / Passwords) akan diberikan pertanyaan apakah data tersebut ingin disimpan di browser? Bila YA, maka setiap kali ingin melakukan login data tersebut dapat langsung terisi pada form login. Fungsi ini sebaiknya digunakan di perangkat pribadi.

- Download : Selain mengunjungi website, ternyata fitur browser satu ini juga dapat membantu Anda saat sedang ingin mengunduh suatu data seperti Document, Music, Video, Image dan lainnya.

- Printing : Saat ini Web Browser Chrome contohnya telah memiliki fitur untuk melakukan fungsi print untuk suatu halaman website, dokumen dan data teks atau gambar langsung di Web Browser tersebut. Namun pastikan koneksi printer telah terhubung dengan baik. Dibalik fitur ini sebenarnya juga terselip fungsi menyimpan data dalam bentuk PDF.

- Plugin / Extensions : Merupakan fitur tambahan yang dibuat untuk membantu melakukan berbagai fungsi yang tidak tersedia di bawaan Web Browser. Plugin dibuat oleh berbagai kalangan programmer dengan tujuan membantu melakukan / menjalankan suatu fungsi tertentu. Seperti contohnya Chrome Plugin : FireShot - Capture Page yang berfungsi untuk melakukan Screen Shoot pada keseluruhan halaman dari Head sampai Footer website.

- Developer Tools : Fitur Developer Tools memang dikhususkan bagi para programmer website. Fungsi Developer Tools pada Web Browser dapat membantu programmer khususnya bidang web dapat melakukan berbagai tindakan kepada suatu halaman website. Contoh sederhananya adalah merubah warna suatu elemen secara Real Time tanpa harus mengubah data dari server website. Hal lain yang dapat dilakukan adalah melakukan uji coba pemanggilan data pada server atau melakukan test Responsive Website pada ukuran layar tertentu.

- Data Saver : Penggunaan data yang cukup tinggi sering terjadi ketika kita mengakses website yang mempunyai data halaman yang besar. Sekarang berbagai Web Browser sudah memiliki fitur untuk membantu meringankan penggunaan data (Compress). Fungsi Web Browser pun menjadi semakin banyak membantu pengguna berselancar di dunia maya sekarang ini.

Manfaat Web Browser

Web Browser dapat memberikan berbagai manfaat bagi penggunanya. Berikut ini beberapa manfaat Web Browser bagi penggunanya.

  • Web Browser dapat digunakan untuk mengakses berbagai informasi yang bermanfaat seperti informasi pendidikan dan non pendidikan.
  • Dengan Web Browser kita dapat mengakses berbagai informasi dalam bentuk teks, gambar, audio, video, animasi dan lainnya.
  • Web Browser dapat membantu kita untuk berinteraksi pada website jejaring sosial seperti Facebook, Youtube, Forum dan lainnya.
  • Selain mendapatkan informasi yang ditampilkan di Web Browser, Anda pun dapat mengunduh dan menyimpan berbagai file yang dibutuhkan langsung di Browser seperti file Document, Audio, Video, Gambar, Link (Bookmark) dan lainnya.
  • Dengan adanya Web Browser, maka membuat pencarian data menjadi lebih mudah dikarenakan tersedianya pula Search Engine pada Web Browser.
  • Anda juga dapat mengakses jutaan kategori website mulai dari hiburan, tips trik, News, Blog, Forum, Wiki, Games, gaya hidup, E-Commerce dan lainnya.
Semakin banyak pengetahuan kita akan penggunaan Web Browser, maka semakin cepat kinerja dan pemanfaatan browser itu sendiri. Temukan hal baru pada browser yang digunakan seperti Shortcut dan Plugin. Sekian informasi mengenai Pengertian Web Browser dan Contohnya semoga bermanfaat bagi Anda pembaca setia SEOGereggi.com.

Artikel lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Pengertian Web Browser dan Contohnya"

Post a Comment