HOME · TIPS · REVIEW · O'MARKETING · WEB · GAMES

Wajib Tahu! Kelebihan dan Kekurangan Tipe-Tipe Web Hosting

Untuk memenuhi kebutuhan web, terdapat beberapa hosting yang bisa Anda pilih. Setiap tipe memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing yang tentunya akan mempengaruhi kinerja Anda. Penting untuk memahami setiap tipe dengan baik agar kita bisa memilih tipe yang tepat dengan kebutuhan website sehingga kinerjanya menjadi lebih maksimal.

Dalam artikel ini, Anda akan mengenal 4 tipe hoster untuk web, yaitu cloud, dedicated server, VPS dan shared hosting murah. Setiap tipe memiliki spesifikasi yang berbeda, seperti kontrol terhadap server, tingkat keamanan, harga, kecepatan server, besarnya tempat penyimpanan data, dan kendalanya. Oleh karena itu, simaklah ulasan berikut ini agar Anda bisa memilih tipe dengan tepat. 


1. Shared Hosting

Tipe ini menyediakan layanan dimana account hosting diletakkan bersama-sama dengan account lainnya dalam satu server. Bayangkan jika ada satu gedung dengan beberapa kamar dengan luas tertentu. Pemilik ruangan tersebut menyewakannya ke orang banyak. Anda datang untuk menyewa satu kamar di dalam gedung tersebut. Selain itu, ada orang lain yang juga menyewa kamar di gedung yang sama.

Kelebihan dari tipe hoster ini adalah harganya yang murah, perawatan teknis yang mudah karena sebagian besar tipe hoster ini dikelola sepenuhnya oleh penyedia layanan yang bersangkutan, control panel berbasis web yang mudah digunakan sehingga Anda bisa membuat account email, menambah database dan meng-upload website dengan mudah.

Namun, ada kekurangan yang juga harus Anda perhatikan, seperti sumber daya yang terbatas. Hal ini disebabkan karena berbagi dalam satu server yang sama membuat pengguna memiliki batasan dalam layanan mereka. Jadi, apabila salah satu pengguna server menggunakan sumber daya terlalu banyak, maka server pengguna lain akan down.

2. VPS (Virtual Private Server)

Tipe selanjutnya ada VPS atau Virtual Private Server yang sering dijadikan solusi untuk menjembatani kesenjangan antara dedicated dengan shared host. Prinsip kerja VPS hampir sama dengan shared host dimana Anda harus berbagi dalam satu server yang sama. Namun, sumber daya yang dimiliki VPS lebih besar, begitu juga dengan ukurannya.

Menariknya, Anda memiliki kebebasan untuk menginstal software apa saja tanpa mengganggu pengguna lain. Anda memiliki kontrol penuh atas server, bahkan manfaatnya hampir sama dengan dedicated server, hanya saja harga VPS jauh lebih murah dan kinerja yang diberikan lebih tinggi dibandingkan shared host.

Di samping itu, VPS juga memiliki kekurangan, yaitu lebih mahal dibanding shared server. Selain itu, Anda juga harus memiliki kemampuan teknis, khususnya jika Anda berencana menggunakan unmanaged VPS host. Penyedia hosting pada unmanaged VPS bertanggung jawab pada server yang digunakan saja, berbeda dengan managed VPS Murah.

3. Dedicated Server Host

Tipe hosting ini memberikan layanan yang dikelola dimana Anda menyewa semua server dan tidak ada pengguna lain. Jadi, jika diibaratkan sebagai rumah kontrakan, Anda menyewa rumah itu seorang diri sehingga Anda bisa menggunakan server dengan leluasa. Tidak ada seorang pun, kecuali Anda yang bisa menggunakan ruangan atau server tersebut.

Kelebihan dari tipe ini adalah fleksibel, aman, terukur dan ampuh untuk meng-host sebuah website. Performa yang dimilikinya juga sangat bagus karena server tidak digunakan oleh siapa pun kecuali Anda. Anda pun memiliki kontrol penuh atas server dan semua aktivitas yang terjadi pada server. Pemilihan resource juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan, seperti CPU, RAM, prosesor dan lainnya.

Keuntungan lain adalah adanya layanan support dengan situs “High Priority Support”. Apabila terjadi kerusakan pada server, Anda pun tidak perlu mencemaskan nya karena hal ini merupakan tanggung jawab dari penyedia server untuk memperbaikinya. Anda tinggal duduk manis dan menunggu sever bisa kembali seperti semula.

Sedangkan, kekurangan dari tipe ini adalah biaya yang relatif lebih mahal, sebanding dengan apa yang Anda dapatkan. Selain itu, Anda juga harus memiliki pengetahuan teknis dan kemampuan yang baik dalam mengelola tipe hosting ini. Namun Anda bisa mempekerjakan seorang administrator server yang bertugas mengelola server sebagai solusinya.

4. Cloud Hosting

Ketiga server yang sudah kita bahas sebelumnya tidak dapat menjaga server tetap online saat adanya pemakaian sumber daya yang melebihi batas normal. Artinya, ketiga server tersebut memiliki keterbatasan, seperti memori yang digunakan, penyimpanan data, permintaan yang bisa ditangani dan lain sebagainya. Oleh karena itu, Anda bisa menggunakan cloud hosting sebagai solusinya.

Kelebihan server ini adalah memiliki kemampuan tidak terbatas atau unlimited untuk mengatasi ledakan pengunjung yang tinggi karena website Anda akan dikaitkan dengan banyak server. Apabila terjadi down atau offline pada server, maka hoster ini akan memindahkan ke server lainnya yang online sehingga mampu meminimalkan server down.

Selain kelebihan, server ini tentunya juga memiliki kekurangan, yaitu tidak memiliki server khusus untuk Anda sehingga tidak ada akses ke server yang diperlukan untuk mengubah pengaturan server atau menginstall software tertentu. Dan pastinya biaya yang perlu Anda sediakan juga lebih banyak karena fitur yang semakin lengkap juga.

Itulah tadi informasi mengenai tipe-tipe hosting yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan dan budget yang ada. Pelajari dan pilih dengan tepat. Selamat berkarya!

Artikel lainnya:

Belum ada tanggapan untuk "Wajib Tahu! Kelebihan dan Kekurangan Tipe-Tipe Web Hosting"

Post a Comment